WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?
For order, please kindly contact us at : +62821 3995 4770 (WhatsApp) or [email protected]

Fakta Unik Hari Kartini Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Dan Harus Kamu Ketahui

Fakta Unik Hari Kartini Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Dan Harus Kamu Ketahui

 

Sebentar lagi kita akan memperingati Hari Kartini nih. Berbicara tentang Hari Kartini, pasti yang ada di pikiranmu adalah tentang emansipasi wanita. Sosok R.A. Kartini memang sangat lekat dengan emansipasi wanita yang ingin menyetarakan kaum wanita. Kamu sebagai warga Negara Indonesia, terutama kamu yang merupakan seorang perempuan sudah tahu belum tentang R.A. Kartini? Tanggal 21 April adalah hari yang diperingati sebagai Hari Kartini. Sudah tahu belum kamu tentang fakta unik Hari Kartini? Salah satu fakta unik Hari Kartini yang pertama adalah ternyata 21 April merupakan hari kelahiran dari R.A. Kartini loh. Hana dan HappyKado akan memberitahukan tentang fakta unik Hari Kartini yang tidak boleh kamu lewatkan dan harus kamu ketahui nih. Mau tahu fakta Hari Kartini yang lainnya? Langsung saja yuk baca kelanjutan dari artikel ini.

Berikut ini adalah Fakta Unik Hari Kartini Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Dan Harus Kamu Ketahui:

  1. Kelahiran R.A. Kartini

kelahiran kartini

Seperti yang telah Hana infokan di awal nih, warga Indonesia memperingati Hari Kartini setiap tanggal 21 April dimana tanggal tersebut tak lain tak bukan merupakan hari kelahiran R.A. Kartini sendiri. R.A. Kartini adalah seorang perempuan kelahiran Jepara, Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1879. R.A. Kartini merupakan seorang keturunan priyayi atau kalangan bangsawan Jawa. Ia merupakan putri dari pasangan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara, dan M.A. Ngasirah, putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono yang meru[akan seorang guru agama di Telukawur, Jepara.

 

  1. Hari Kartini

peringatan hari kartini

Kamu tahu tidak kenapa tanggal 21 April yang merupakan tanggal kelahiran R.A. Kartini dijadikan sebagai Hari Kartini? Hal ini dikarenakan Kepres pada waktu itu. Presiden pertama RI, Soekarno yaitu Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Baca juga: Cara Mengetahui Karakterisrik Wanita berdasarkan Bunga Favorit

  1. Jalan R.A. Kartini di Belanda

nama jalan kartini di belanda

Nama pahlawan sering kali dijadikan sebagai nama jalan-jalan protocol di Indonesia, termasuk nama R.A. Kartini. Namun ternyata kamu tahu tidak kalau nama R.A Kartini tidak hanya dijadikan nama jalan di Indonesia tapi juga di Belanda loh.

         Di Utrecht, Jalan R.A. Kartini atau Kartinistraat merupakan salah satu jalan utama du Belanda yang berbentuk ‘U’.

         Di wilayah Amsterdam Zuidoost atau yang lebih dikenal dengan Bijlmer, jalan Raden Adjeng Kartini ditulis lengkap.

         Di Venlo, Belanda Selatan, R.A. Kartinistraat merupakan nama jalan yang berbentuk ‘O’ di kawasan Hagerhof.

         Di Haarlem, jalan Kartini berdekatan dengan jalan Mohammed Hatta, Sutan Sjahrir dan langsung terhubung ke jalan Chris Soumokil.

 

  1. Kontroversi R.A. Kartini

kontroversi hari kartini

Ternyata ada kontroversi loh tentang peringatan R.A. Kartini. Seperti yang dilansir oleh Wikipedia, ada kalangan yang meragukan kebenaran surat-surat Kartini. Ada juga dugaan J.H. Abendanon, Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan pada saat itu, merekayasa surat-surat Kartini tersebut. Kecurigaan ini timbul dikarenakan memang buku Kartini terbit di saat pemerintahan kolonial Belanda menjalankan politik etis di Hindia Belanda, dan Abendanon termasuk yang berkepentingan dan mendukung politik etis. Hingga saat ini pun ada sebagian besar naskah asli surat yang tidak diketahui keberadaannya. Menurut almarhumah Sulastin Sutrisno, jejak keturunan J.H. Abendanon pun sangat sulit untuk dilacak Pemerintah Belanda.

Selain itu, penetapan tanggal kelahiran R.A. Kartini sebagai hari besar juga ternyata diperdebatkan oleh beberapa pihak. Pihak yang tidak begitu menyetujui, mengusulkan agar tidak hanya merayakan Hari Kartini saja, namun merayakannya sekaligus dengan Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember. Hal tersebut disebabkan agar tidak terkesan pilih kasih dengan pahlawan-pahlawan wanita Indonesia lainnya yang tidak kalah hebat dibandingkan dengan R.A.Kartini seperti Cut Nyak Dhien, Martha Christina Tiahahu, Dewi Sartika dan lain-lain. Menurut mereka, wilayah perjuangan R.A. Kartini itu hanyalah di Jepara dan Rembang saja, R.A. Kartini juga tidak pernah memanggul senjata melawan penjajah. Sikapnya yang pro terhadap poligami juga bertentangan dengan pandangan kaum feminis tentang arti emansipasi wanita dan berbagai alasan lainnya. Pihak yang pro dengan peringatan Hari Kartini mengatakan bahwa R.A. Kartini tidak hanya seorang tokoh emansipasi wanita yang mengangkat derajat kaum wanita Indonesia saja, melainkan adalah tokoh nasional, artinya, dengan ide dan gagasan pembaruannya tersebut R.A. Kartini telah berjuang untuk kepentingan bangsanya. Cara berpikir dari R.A. Kartini sudah melingkupi perjuangan nasional di Indonesia. Terlepas dari pro dan kontra yang ada tentang Hari Kartini, menurut pendapat kamu bagaimana tentang pringatan Hari Kartini ini?

Itulah fakta unik Hari Kartini yang dapat Hana dan HappyKado berikan untuk kamu. Pada peringatan hari pahlawan tanggal 10 November 1961 Ir Soekarno berkata lewat pidatonya “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”. Kamu bisa memberikan penghargaan untuk orang spesial yang kamu anggap sebagai sosok Kartinimu. Bunga adalah kado spesial yang sangat pas untuk kamu berikan di Hari Kartini nanti loh. Ngomongin tentang bunga sebagai kado spesial di hari Kartini, HappyKado ada PROMO HARI KARTINI loh. Hana dan HappyKado akan siap membantu kamu untuk mendapatkan bunga pilihanmu sebagai kado spesial di Hari Kartini.

 

Jadi siapakah sosok Kartini Untukmu? Ibu, guru atau siapakah?

 

Stay connected with us on:

Facebook     : www.facebook.com/HappyKado/

Twitter        : www.twitter.com/Happy_Kado

Instagram    : www.instagram.com/happykado/

 

Leave a Reply

×
×

Cart